25 February 2012

Zebra Cake Putih Telur Lagi

Ada batch putih telur lagi di freezer, rencana mau buat menrinque ghost cookies tapi waktunya mempet, sebab manggangnya butuh waktu lama 1 1/2jam waaah bakal di tinggal Bus ni..sebab hari ini ada acara piknik anak-anak TPA dengan Guru. Akhirnya pagi-pagi cari yang sedikit ringkes buatnya, dan buatlah cake yang eye catching untuk anak ;) Resep di modifikasi deh. Aslinya Resep Tuty Fruity Ny. Liem di rubah bentuknya jadi zebra cake ^_^ Pada post yang sebelumnya saya pernah buat juga Bolu Kukus Pelangi Putih Telur disana saya gunakan 500ml putih telur. Nah yang ini 600ml putel, lumayan mengurangi stok putih telur hehehe...

Zebra Cake Putih Telur
Modified by Teawe

Bahan I :
600 ml Putih Telur
275 gr Gula Pasir
1/2 sdt Garam
 14 gr Cake Elmusfier
1/2 Vanili Bubuk

Bahan II :
300 gr Tepung Terigu All Purpose
1 sdt Baking Powder

Bahan III :
75 gr Margarin, Cairkan
1 sdt essence tutty fruty ( saya pake 1sdt Almond Essence) 
Jika tidak ada bisa pake 1sdt vanila bubuk
Lebih enak pake vanila bubuk karena tidak bau amis

Bahan IV :
Pewarna Coklat Pasta, Pasta Pandan, Pink colour wilton

Metode :
1. Panaskan Kukusan terlebih dahulu.
2. Bahan I : Kocok putih telur hingga mengembang, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di mixer. Tambahkan garam, cake elmusfier, dan vanili bubuk. Kocok kembali hingga mengembang dan kental. 
3. Masukan bahan II sedikit demi sedikit sambil terigu dan baking powder-nya di ayak lalu aduk dengan spatula, aduk hingga rata.
4. Tuang bahan III aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi 4 sama rata, 1 biarkan putih dan 3 lainnya beri pewarna makanan secukupnya.
6. Siapkan loyang bulat ukuran diameter 22cm, lalu tuang dengan centong kecil/ sendok sayur ukuran kecil. Tuang adonan putih terlebih dahulu di tengah loyang, lalu tuang kembali adonan coklat 1 centong kecil juga di titik yang sama, kemudian adonan hijau di titik yang sama juga di tengah, terakhir adonan pink. Ulangi kembali begitu seterusnya sampai adonan habis. Hingga berbentuk seperti gambar di bawah. Kukus selama 20-25 menit hingga matang. Angkat, dinginkan. Potong-potong.


 Trick & Tips : Saya sisakan adonan, untuk di tuang ke cetakan lain (cetakan bolu sakura)Sebab bila saya taruh adonan full di loyang ukuran 22cm, takutnya akan menjulang tinggi di tengah. Karena panci kukusan saya memang muat untuk ukuran loyang 22cm, bila ditutup dengan panci yang di bungkus dengan serbet, maka adonan paling atas akan menempel di serbet. Sudah bisa di tebak hasilnya pasti kurang bagus. Tuang adonan 3/4 dari loyang saja ya :) Dan di bawah ini adalah penampakan sisa dari adonan tadi.
Satu lagi, menurut saya bolu zebra cake ni kurang manis...silahkan kalo mau di tambah gula pasirnya ..  sesusai selera...Monggo di coba yang pada punya putih telur banyak di kulkas. ^_^
Happy Baking girls....


Update : 17 November 2014  Update : ada yang baru juga silahkan liat di Steam Zebra Cake disini

6 comments:

Another princess stories said...

yummmy...!! mo bikin ah.. TFS

Unknown said...

mbak, kue zebra saya kok warnanya ngga bisa keluar ya? setelah matang kue saya jadi berwarna pastel, padahal warna adonan mentahnya sudah cukup cantik... apa saya kurang memberikan pewarnanya?

Unknown said...

mbak, kue zebra saya kok warnanya ngga bisa keluar ya? setelah matang kue saya jadi berwarna pastel, padahal warna adonan mentahnya sudah cukup cantik... apa saya kurang memberikan pewarnanya?

Diana Pratiwi said...

di foto ga mba Ina? boleh lihat hasilnya? Pake pewarnanya apa aja mbak? kemungkinan kurang pewarnanya juga bisa mbak...

Anonymous said...

Dikukusnya dialasi pake kertas roti nggak? Apa polosan saja

Diana Pratiwi said...

Iya, loyang di alasi kertas roti buat loyang yang bukan non stick.. atau di oles margarin juga bisa

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover