17 November 2014

Steam Zebra Cake


Bolu zebra ini di buat dari putih telur. Pas lagi ada putih telur nganggur di rumah, kebetulan pas lagi ada acara juga jadi bisa di pergunakan si putih telur ni :) Sebelumnya saya juga sudah pernah dua kali posting resep zebra cake ini silahkan check linknya disini dan disini . Kali ini di buat berdasarkan putih telur yang ada di rumah saja jadi saya buat sesuai bahan yang ada di rumah.



Steam Zebra Cake 
Resep asli di kutip dari Variasi Brownies Kukus Ny.Liem

Bahan I
425 ml putih telur (sekitar 13 butir putih telur)
200 gram gula pasir
1/4 sdt garam
10 gr cake emulsifier (sp/tbm)
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan II di campur dan di ayak sisihkan
200 gr terigu all purpose (segitiga/flour no.1)
1/2 sdt baking powder

Bahan III
50 gr margarin (cairkan)

Cara Membuat :
1. Kocok putih telur terlebih dahulu hingga 1/2 mengembang, kemudian masukan gula pasir sedikit demi sedikit, sp, vanili bubuk sambil terus di mixer hingga kental dan mengembang.
2. Masukan bahan II aduk balik.
3. Masukan bahan III aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata.( di timbang kalo perlu). Satu biarkan putih yang satu lagi beri 1 sdm pasta coklat.
5. Tuang ke dalam loyang bulat ukuran 22cm yang sudah di olesi margarin. Dengan cara tuang adonan putih dahulu 2 centong sayur ukuran kecil, lalu tuang lagi dengan 2 centong adonan coklat begitu seterusnya hingga adonan habis semua.

Tips : Berhubung kemarin ada blogger yang tanya jadi saya jawab disini :
- Sebelum adonan d kukus sebaiknya loyang agak sedikit d banting-banting (tapi pelan aja ya...jangan sambil ngamuk nanti adonannya malah berantakan keluar semua :p ) dengan maksud agar anginnya keluar dan adonan merata.
- Jika adonan tidak di lakukan di banting dulu dan langsung masuk kukusan maka hasilnya bagian tengah cake akan menggelembung. 
- Setelah rata baru di kukus selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan biarkan dingin baru di potong-potong.



No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover