08 June 2012

Dawet Ayu


Ada yang bilang jenis es ini Es Dawet Ayu, ada pula yang bilang Es Cendol... suka-suka lah pokoknya segerrrr ^_^. Yang jelas musim panas ini sering banget buat yang satu ini. Ini resep ke 3 yang saya coba... dan ternyata saya sreg & cocok sama resep ini. Trims Mbak Yussy Sriwindawati yang share resepnya di FB IMQ Fun Cooking. Sumber asli dari Primarasa ala kaki lima.
Dawet Ayu / Cendol

Bahan :
75 gr Tepung beras
50 gr tepung hunkue
2sdt air kapur sirih
600 ml air 
pasta pandan


Cara Membuat :
1. Campur bahan kering (tepung beras, hunkue, garam)
2. Campur air dengan pasta pandan, masukan sediki demi sedikit bahan kering aduk hingga rata.
3. Tuang 2sdt air kapur sirih.
4. Masak dengan api sedang sambil di aduk-aduk, setelah meletup-letup dan adonan sudah mengental angkat, matikan api.
5. Siapkan wadah beri air matang dan es batu. Tuang adonan cendol/dawet ayu ke dalam cetakan cendol, tekan pelan-pelan ke dalam wadah yang berisi air + es batu. Lakukan hingga adonan habis di cetak. Siap di pakai.

Untuk kinca/kuah gula merah, dan kuah santan resepnya sudah pernah saya tulis sebelumnya disini






7 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum mba wie....aku salah satu pengagum blog 'Teawe' ^_^ suka bgt, jd pingin berguru blog masakan sama mba wie ;) mau tanya mba, kapur sirih kalau di qatar bisa di dapat dimana?

Salam,
Putri Z.

Diana Pratiwi said...

Wa'alaikumsalam wr wb

Makasii mba Putri dah sering mampir ke blog saya hehehe...sering-sering boleh koq mba :) saya juga masih belajar... kapur sirih kebetulan waktu mudik saya bawa mba...saya simpan di botol seduh dengan air matang..simpan di kulkas...kalo di qatar saya belum pernah cari mbak

Anonymous said...

Ok, mba wie....terima kasih bnyk yaa infonya :) kebetulan saya sedang di Jakarta, InshaAllah jd mau bawa kapur sirih juga deh nanti ke Doha ;). Kalau mau tanya2 lagi boleh ya mba....biar gmn mba wie buat saya sudah lebih senior urusan masak2 n blogging hihihihiii ^_^.

Salam,
Putri z.

Diana Pratiwi said...

Anytime Mba Putri ^_^ trima kasih juga... selamat liburan....

J Razak said...

interesting blog... i have been looking for the cendol mould for sometime... appreciate if you could help me to find out where can i buy cetakan cendol like yours?

Diana Pratiwi said...

Hi J Razak,

Thank you for visiting my blog.. If you googling http://bit.ly/XiSO3N there's so many kind of cetakan cendol.. I have a friend who sell this cetakan cendol http://bit.ly/120HPKg the prices is mentioned there.
Hope it helps :)

aza kayla said...

Mbak mau nanya nih fungsi dr air kapur sirih apa ya

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover