01 February 2012

Agar Agar Pelangi

Aiih suka dengan bentuk agar-agar pelangi yang beredar di jejaring sosial tu... warnanya menggoda sekali dan bagus-bagus. Pas anak saya juga minta agar-agar rainbow :) Jadi kepingin buat. Ini dia resepnya..Kata siempunya resep pernah coba pakai merk lain tapi tidak sama tekstur agar-agarnya, jadi yang bagus hanya merk Swallow.


Agar Agar Pelangi
Sumber : Melly Octaviana

Bahan A :
10gr agar-agar swallow/ 1bungkus
110 gr gula pasir atau setara dengan 1/2 cup
1 liter ml air --> saya 900 ml air
1 lembar daun pandan --> saya pakai 1/2 sdt vanili bubuk
Pewarna --> saya pakai pink, orange, purple, green (jika ingin membuat 4 warna)

Bahan B
10 gr agar-agar swallow/ 1 bungkus
110gr gula pasir/ 1/2 cup
1 liter santan --> saya pakai 400ml santan di tambah 500 ml air
Pewarna --> sama seperti bahan A


Cara Membuat :
1. Masak bahan A hingga mendidih, masak pula bahan B hingga mendidih.
2. Jika ingin buat 4 warna Bahan A di bagi 4 masing-masing 250ml, bahan B juga di bagi 4 bagian masing-masing 250ml. Masing-masing beri warna. Masukan bahan B lapisan pertama ke dalam loyang agar-agar, tunggu hingga setengah mengeras.
3.  Setelah agak keras tuang bahan A yang sama warnanya dengan lapisan pertama bahan B. ( Bisa dilihat foto). Lakukan hingga semua lapisan habis di gunakan.
4. Setelah selesai melapisnya tunggu hingga dingin. Masukan kulkas. Biarkan sampai betul-betul mengeras.
5. Sajikan dingin-dingin.
Mudahkan? ;)



Tips :
1. Jika melapisnya bahan yang belum di tuang ke dalam loyang agar-agar sudah mengeras duluan, bisa di hangatkan kembali di kompor atau dengan microwave panaskan selama 1-2 menit atau hingga mencair kembali agar-agarnya. Baru kemudian lakukan lagi melapisnya ke dalam loyang. Atau biarkan di atas api keciill saja..baru tuang 250ml kemudian beri pewarna, baru tuang ke loyang.
2. Butuh kesabaran dan telaten kalo buat agar-agar pelangi ini. Sambil nunggu setengah mengeras bisa di sambi ngepel dulu :))
3. Untuk menghasilkan bentuk yang rapi (untuk bahan santan), pada saat di tuang di saring dulu supaya merata hasilnya, tidak nge-gerendel (apa tu istilahnya :p) untuk bahan B.



No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover