11 February 2012

English Muffin for Lets get Baking Together #13


Begitu pengumuman LBT sudah keluar temanya English Muffin, waduh apa ini, langsung deh gooling sana sini, liat resep, liat penampakan seperti apa. Cari resep yang simple. Saya menyimpulkan english muffini ini bentuknya seperti roti, tidak seperti muffin yang biasa kita makan atau yang kita lihat seperti biasa. Terima kasih buat Ibu Host LBT #13 Bunda Ricke yang telah memberi ilmu baru buat saya ^_^. 

English Muffin

Bahan :
2 sdt ragi butiran --> saya pake 1 sachet ragi instan
1/2 sdt gula pasir --> 1 sdt gula pasir -tw
250 ml air hangat
150 ml susu cair hangat
350 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang --> saya pakai semua 450gr terigu all purpose
sebab di rumah saya tidak punya terigu protein tinggi
1 sdt garam
Tepung beras atau tepung maizena atau gunakan Cornmeal secukupnya untuk taburan


Cara Membuat :
1. Campur ragi dan gula ke dalam mangkuk berisi sebagian dari air hangat. Aduk sisihkan selama beberapa menit atau hingga ukurannya menjadi 2 x lipat, lalu tambahkan sisa air dan susu cair, aduk rata.
2. Masukan tepung dan garam, uleni dengan mengunakan tangan atau dengan menggunakan mixer (dough hook) hingga tercampur rata, teksturnya halus meskipun adonan akan tetap lembek, lengket tetapi tidak basah).
3. Bulatkan adonan (gambar no.1) lumuri dengan terigu agar pada saat membulatkan tidak lengket ditangan, kemudian tutup dengan serbet basah atau dengan plastik wrap. Tunggu hingga mengembang menjadi 2 x lipat (gambar  no2) kurang lebih selama 30-45 menit. Buang gasnya, pada saat de-gasing lumuri tangan lagi dengan terigu sebab adonan lengket di tangan.
4. Gilas dengan rolling pin kemudian cetak dengan tutup gelas atau cetakan bulat lainnya juga bisa.
5. Letakan di atas nampan yang telah di lumuri cornmeal, atau bisa juga di lumuri dengan tepung beras atau tepung maizena, gulingkan bolak balik hingga adonan terlapisi dengan tepung. Tutup kembali dengan plastik wrap, biarkan mengembang selama 30 menit (gambar no 4).
6. Panaskan wajan datar (saya menggunakan bakaran listrik seperti gambar no5) olesi dengan minyak zaitun atau bisa juga menggunakan minyak goreng, olesi tipis saja keseluruh permukaan. Masak selama 10 menit ( dibalik bakar selama 2 menit, balik lagi selama 2menit, begitu seterusnya di bolak balik setiap 2 menit selama 10 menit) atau hingga dasar bawah dan atas terlihat kecoklatan, angkat. Sajikan

Cara makannya bisa menarik sisi roti seperti roti sobek, atau di belah di potong dengan pisau roti pada bagian tengahnya. Jika roti english muffin ini di simpan, pada saat hendak makan di toasted terlebih dahulu lalu santap dengan olesi selei sesuai selera. Bisa juga di beri topping pizza panggang selama 15 menit. Bisa juga di isi seperti burger/ sandwich. 

Karena penasaran, setelah matang english muffinnya saya belah jadi dua, mau lihat dalamnya bolong-bolong ga hehehe... waaaa ternyata bolooongg....hihihihi senangnya berhasilll...uhhuuuy....





No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover