16 May 2012

Kue Nastar


Kepingin buat nastar tapi bentuknya agak lebih "beda" dari biasanya .. Buat 1 resep jadi 2 model.. nastar bunga & nastar buah... Idenya untuk nastar buah dari bukunya Ny. Liem Fancy Cookies, sedangkan nastar bunga saya sesuaikan dengan cetakan yang ada di rumah. Resep asli dari warisan ibu saya.


Kue Nastar 
Sumber : Eyang Uti Basuki

Bahan :
300 gr Margarin 
500 gr Terigu protein sedang (sangrai, dinginkan)
100 gr Gula halus
2 Kuning telur
1/2 sdt Vanili bubuk 
1 sdm tepung maizena (tambahan dari saya)

Bahan Isi :
Nanas 1 buah 
100-150 gr gula pasir
3-5 biji cengkeh

Cara Membuat :
1. Bahan Isi : Parut nanas/blender, masak dalam wajan beri gula pasir, cengkeh. Masak hingga air nanas habis, hasil akhirnya seperti selai. Sisihkan.
2. Kocok margarin, gula pasir  hingga lembut, masukan kuning telur kocok lagi. Tuang terigu aduk rata.
3. Panaskan oven, olesi loyang dengan margarin tipis saja. Cetak adonan seperti gambar di bawah


Gilas adonan kemudian cetak, untuk lapisan atas sama cetak juga lalu tengahnya di cetak dengan cetakan bunga kecil sisihakn bagian tengahnya kemudian tumpuk (lihat gambar atas) Beri isian nanas di tengahnya. Lakukan hingga adonan habis. Olesi dengan kuning telur.
4. Panggang dengan suhu 150C selama 25-30 menit.

  Untuk membuat Nastar bentuk buah, bagi adonan menjadi 2. Untuk bentuk daunnya sedikit aja beri pewarna makanan hijau (saya pakai pasta pandan) Uleni hingga mendapat warna hijau daun dengan sempurna. Bentuk adonan putih bulat-bulat. Beri lubang di tengahnya dengan sumpit kemudian beri isian nastar, sementara itu giling adonan daun lalu cetak dengan cetakan daun. Letakan adonan daun diatas adonan bulat beri tengahnya dengan cengkeh. Liat gambar di bawah ini :





No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover