28 January 2013

Kue Apem Mini Ice Cream Cornetto


Tergoda juga buat kue apem yang bentuknya seperti Ice cream cornetto ini... di rumah ga punya kacang mede.. adanya cuman meises warna warni sama chocolate chip jadi ^_^ Kue ini saya tau dari Mba Benecdita Nanik, trima kasih ya mbak. Kue apem ni rupanya berasal dari negara tetangga kita Malaysia, sangat inovatif & inspiratif.. kue apam dot-dot pun dari sana. 



Resepnya saya pake resep zebra cakenya NCC. Kalo untuk di konsumsi sekeluarga lebih baik menggunakan 1/2 resep saya rasa sudah cukup. 



Kue Apem Mini Ice Cream Cornetto 
Sumber : Zebra Cake Kukus NCC
versi 1/2 resep modif by : Diana Pratiwi

Bahan I : 
4  butir telur
125 gr gula pasir (kalo mau manis silahkan tambah sendiri)
1/2 sdt cake elmusfier (e.g. TMB,SP, Ovalet)
garam secukupnya
1/2sdt vanili bubuk

Bahan II :
125 gr terigu all purpose
25 gr susu bubuk

Bahan III :
30 gr mentega lelehkan
30 gr susu cair

Bahan IV :
Dark Cooking Coklat Lelehkan (masukan kedalam plastik segitiga)
kacang mede iris kasar secukupnya
bisa juga gunakan meisis warna warni
atau bisa menggunakan coklat chip

Kertas roti di gunting dengan masing-masing ukuran 8cm x 16cm..ini untuk membuat kue apem yg mini.
silahkan klik disini untuk tutorialnya.

Pewarna makanan : hijau bisa juga menggunakan pasta pandan, merah, kuning, biru
Plastik segitiga secukupnya.


Cara Membuat :
1. Siapkan panci kukusan panaskan hingga beruap dengan api sedang.
2. Kocok bahan I hingga mengembang dan kental. Masukan bahan II sambil di ayak kemudian aduk rata.
3. Masukan bahan III aduk lagi hingga rata. Bagi adonan menjadi 4 sama rata. Beri masing-masing pewarna aduk rata. Masukan kedalam plastik segitiga.
4. Siapakan kertas roti yang sudah di bentuk cone. Letakan dalam panci kukusan yang ada lubang-lubangnya.
5. Beri adonan 1 warna dahulu sedikit saja. Kukus selama 5 menit kemudian beri lagi adonan dengan warna yang berbeda kukus lagi selama 5-10 menit atau hingga matang. Terserah mau buat berapa warna dalam 1 cone tersebut. Jika sudah matang angkat. Biarkan dingin. Jangan di lepas kertas rotinya, sebab ingin di beri lapisan coklat di atasnya.


6. Jika sudah dingin kuenya. Siapkan dark cooking chocolate yang sudah di lelehkan. Beri sedikit coklat leleh di atasnya lalu beri taburan topping sesuai selera (mau kacang mede/meisis/chocolate chip). Masukan sebentar saja dalam freezer agar coklatnya cepat mengeras. Keluar kan dalam freezer baru kertas rotinya masing-masing dilepas. Siap di sajikan.
Pasti anak-anak akan suka ^_^



Selamat mencoba!!




9 comments:

Hesti HH. said...

Udah pernah bookmarked punyanya kak Ita Masam manis tapi sampai sekarang belum prnh buat. lihat punya mbak Tiwi jadi pengen ikutan buat juga, hehe. makasih dah sharing ya mbak///

Diana Pratiwi said...

Sama-sama Mba Hesti.. saya buat yang kecilan aja mbak a.k.a mini.. sesuai porsi anak-anak.. biar sekali makan habis... kalo buat yang besar makannya nanti ga habis malah ke buang hehehe

ARISTA Rahayu said...

asalammalaikum mbk. mbk mohon maaf mo ijin catat. terimakasih sebelumnya

Diana Pratiwi said...

Wa'alaikumsalam mbak Arista. ..silahkan mbak :)

Anonymous said...

Assalamualaikum mbak diana
mau tanya itu kue nya kalo disimpan untuk jangka waktu lama, kira2 bisa bertahan berapa lama ya ?

Diana Pratiwi said...

Waalaikumsalam
Bolu biasanya tahan sampai 3-4 hari mba

Anonymous said...

kalau ingin waktu simpan lebih lama itu harus diapakan ya mba diana ?
misalkan buat 1 bulan untuk oleh2 apa itu bisa ?

Diana Pratiwi said...

Haahh satu bulan? saya belum pernah simpan sampe segitu lama ya mba
apa tekstur bolu nanti kan apa ga bagus tu sampe satu bulan?
Maaf yaa saya kurang tau kalo sampe satu bulan..belum pernah juga soalnya
bikin sampe segitu lama..

Anonymous said...

ohehe
kalo 3-4 hari itu tekstur setelah dari freezer sampai coklatnya mengeras, itu teksturnya bagaimana mbak ?

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover