24 November 2011

Pempek Palembang

Ikang tenggiri (King Fish) lagi murah 1kg/15QR ...beliiii hehehe minta sekalian di bersihin dan di fille. Liat pempek keriting beredar di fesbuk teman, jadi pingin buat. Di rumah punya cetakan putu mayang kira-kira bisa ga ya...kuat ga ya saya nekennya. Belum pernah buat pempek keriting soalnya. Ternyata berat juga loh...akhirnya saya akalin aja dengan posisi adonan akan keluar dari atas. Liat gambar dibawah. Alhamdulillah, bisa dan cantik bentuknya ^_^ hehehe senang :p 1 ikan (kira-kira 1kg lebih sedikit) jadi 3 macam pempek : pempek keriting, lenjer dan kapal selam. Resepnya dari Ibu Yusuf Al-khor juga yang asli orang palembang dan Ny.Liem saya gabung dan saya modifikasi sendiri... Sebab Bu Yusuf menggunakan takaran cup dan kira-kira, sementara menggunakan ukuran gram yang jelas. Tapi walau begitu azaz kira-kirapun tetep saya pakai juga, kalo adonan ga bisa di pulung yaa di tambahlah kanjinya :)
Ini resep untuk ukuran ikan 1/2 kg. Saya punya 1kg ikan tenggiri. Tinggal di kalikan dua saja dengan resep di bawah ini.

Pempek
by Ibu Yusuf & Ny Liem 

Bahan :
500 gr ikan tenggiri filet
200 ml air es (saya pakai es batu juga)
garam
1/2 - 1 sdt penyedap rasa
400 gr sagu tani
400 gr sagu tani untuk tambahan

Kuah :
400 gr gula merah
100 gr gula pasir
1 liter air
4sdm cuka (saya tidak pakai, di ganti dengan 1sdm asam)

Bumbu Halus :
100 gr bawang putih
4 buah cabe merah (selera)
10 gr cabe rawit (saya kira-kira aja)
1sdm asam
garam

Pelengkap :
Soun/ Mie kuning
Mentimun
Udang kering sangrai, haluskan

Cara Membuat :
1. Campur ikan tenggiri, es batu, air es haluskan/blender/food procesor hingga rata dan lembut.
2. Masukan garam,penyedap rasa, tambahkan air es sedikit haluskan kembali.
3. Masukan sagu tani sedikit demi sedikit,uleni hingga menjadi adonan padat dan tidak lengket di tangan (adonan bisa di pulung) jika masih lembek tambahkan sagu tani lagi. Bentuk adonan menjadi Lenjer (bentuk gulung, pempek keriting dengan menggunakan cetakan dan pempek kapal selam. Lakukan hingga adonan habis.
4. Rebus ke dalam air mendidih, beri minyak sayur, rebus hingga matang dan mengapung. Angkat, tiriskan. Biarkan dingin.
5.Goreng dengan minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat,tiriskan lalu potong-potong.
6. Letakkan dan susun di dalam piring/mangkok saji. Beri soun/mi kuning (sesuai selera) beri timun dan taburi dengan udang kering. Tuang kuahnya lalu sajikan.
7. Kuah : Masukan gula merah,gula pasir kedalam air,masak hingga mendidih. Masukan bumbu halus. Masak kembali hingga mendidih. Angkat lalu saring. Biarkan dingin.







No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover