11 December 2011

Tres Leches Cake for Let's get Baking Together 11


Alhamdulillah masih bisa mengerjakan pe-er LBT#11, kebetulan ada yang pesen birthday cake nah sisa butter cream masih ada.. saya buatlah untuk frosting TLC ini  ^_^  setelah ada pengumuman LBT saya sempet mikir apa pula TLC ini...bacanya aja udah bikin pusiiing...bisa ga ya buatnya. Di resapi, di hayati bacanya pelan-pelan...oooh ternyata bisa juga saya buat, Alhamdulillah. Judulnya sudah bikin ribet aja bacanya &  buatnya :p
Ga mau pusing, pake resep yang sudah diberikan oleh mba Host. Sebab sebentar lagi sayanya mau mudik, waktunya mepet banget. Yuk lah buat!!

Tres Leches Cake / Pastel de Tres Leches 
Sumber  : Vivi Nowotny
Modified by Tiwi

Bahan : 
140 gr terigu
1sdt baking powder
1/4 sdt garam
5 butir telur pisahkan kuning dan putihnya
180 gr gula pasir (pisakan 140 gr dan 40 gr)
1 sdt vanili bubuk
80 ml susu cair
30 gr coklat bubuk (ayak)

Bahan Siraman :
175 ml susu evaporated
175 ml susu kental manis
30 gr krim kental

Frosting :
Butter Cream
Buah Cherry
Dark Cooking Chocolate di parut untuk taburan secukupnya


Cara Membuatnya :
1. Siapkan Bahan, panaskan oven 180C, olesi loyang dengan butter/margarin kemudian sisihkan. (Gambar no.1)
2. Ayak tepung terigu, baking powder,coklat bubuk dan garam, sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir 140gr hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili bubuk kocok hingga tercampur rata (sebentar saja).
4. Tuang campuran tepung kedalam adonan kuning telur dengan menggunakan spatula karet (aduk balik) perlahan hingga tercampur rata.
5. Kocok putih telur di wadah lain dengan kecepatan tinggi hingga mengembang,masukan gula pasir 40gr , kocok kembali hingga soft peak (kocok hingga kaku tetapi tidak kering).
6. Masukan 1/3 adonan tepung ke dalam adonan putih telur (gambar no.2) aduk hingga rata. Kemudian masukan kembali sisa adonan putih telur, aduk balik hingga tercampur rata/homogen.
7. Tuang adonan ke dalam loyang panggang selama 35-45 menit (lakukan test tusuk) untuk melihat matangnya. Angkat biarkan dingin selama 1/2 -1 jam.
8. Sementara buat bahan siramanannya, campur semua bahan siraman (susu kental manis, susu evaporated, dan krim kental) hingga rata, sisihkan.
9. Setelah cake dingin, tusuk-tusuk cake dengan menggunakan garpu di beberapa bagian cake. Masukan perlahan bahan siraman, agar susu dapat meresap kedalam cake dan tidak menggenang di atas permukaan cake. (lihat gambar no.4) Posisi cake masih dalam loyang.
10. Biarkan cake tersebut dalam loyang hingga campuran susu benar-benar terserap dalam cake. Diamkan selama kurang lebih 8 jam (semalaman).
11. Untuk frosting. Kocok mentega putih hingga lembut, masukan icing sugar,susu cair/air, essence, kocok hingga rata.
12. Penyajian. Olesi butter cream secara menyeluruh, hias sesuai selera. Untuk frosting selain butter cream, bisa juga menggunakan whip cream, ganache, atau juga menrique. Bila suka pilih salah satu.


Sesi pemotretan anak-anak semangat banget, pingin nyoba kuenya...riweuh..dan seruu hahahaha... tunggu-tunggu!! di foto dulu ya qiqiqiqiqiqi...





No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover