13 March 2015

Madeleine Cookies aka bolu kerang


Kue ini katanya berasal dari Prancis, konon kue yang bernama Madeleine cookies ini pertama kali di buat oleh seorang juru masak bernama Madeleine Paulmier pada abad ke 19. Kue ini seperti sponge cake atau di Indonesia biasa kita sebut bolu kerang. Kue jadoel kalo menurut saya :D 


Kue ini termasuk kue sehat sebab tanpa bahan pengawet sama sekali dan awet juga. Bahan-bahannya cukup sederhana yaitu 3 buah butir telur, 85 gr gula pasir, 125 gr tepung terigu, 110 gr butter unsalted (di cairkan) dan 1sdt kulit lemon yang sudah di parut.


Cara membuatnya yaitu panaskan oven terlebih dahulu 190 C. Campur telur dan kulit jeruk lemon kocok lepas dengan menggunakan whisk. Kemudian masukkan campuran gula pasir dan terigu kedalam aduk rata gunakan spatula atau solet. Terakhir masukan butter cair aduk hingga semua tercampur rata. Masukan ke dalam plastik segitiga jika tidak ada bisa tuang adonan dengan menggunakan sedok 2/3nya. Masukan adonan tidak perlu rapi sebab nanti pada saat dipanggang adonan akan membentuk dengan sendirinya.  Sebelumnya loyang berbentuk kerang di olesi terlebih dahulu dengan mentega dan d taburi dengan sedikit tepung supaya nanti pada waktu matang gampang lepasnya. Pada saat pemanggangan terlihat akan banyak berbuih lanjutkan saja mangganngnya selama 15 menit atau hingga matang. Keluarkan loyang dari oven lalu diamkan selama 2 menit baru keluarkan kue dari loyang.


1 resep ini bisa jadi sekitar 21 biji dan cukup menggunakan 2 loyang bentuk kerang  seperti foto di bawah ini. Kue ini pada saat makan bisa di taburi gula halus, nikmat di santap bersama kopi maupun teh. 

Setelah matang harumnya wangiii lemon hhmmmm sedapnya ^_^ Tekstur kue ini pinggirnya setelah dingin agak mengeras tapi jika di makan terasa crispy di pinggir dan empuk di tengahnya. 


Sumber resep dari detik food dan sudah diadaptasi menurut versi saya. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba ^_^

2 comments:

selma alan said...

Iya mbak...ini kue jadul banged...dah lama nggak makan...dulu makan waktu di kampung...kangen ma kue ini....kapan2 coba bikin...cuma nggak ada cetakannya...

Diana Pratiwi said...

coba pake cetakan yang ada aja di rumah mba Selma hehehe

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover