11 March 2012

Lontong kedelai bubuk for NCC Lontong Week


Ini kesukaan saya waktu masih kecil, bahkan sampe sekarang masih favorit :) lontong dengan bubuk kedelai.  Pertama kali saya kenal makanan ini, pada saat mudik ke Kediri Jawa Timur. Makanan ini di sajikan pada saat hari raya Idul Fitri. Mbah Putri selalu menyajikan lontong dengan bubuk kedelai. Bisa juga di sajikan bersama Opor Ayam, rendang, atau lainnya. Saya lebih suka makan lontong dengan bubuk kedelai saja ^_^

Tadi malam akhirnya buat lontong juga, saya buatnya di panci press cooker yang kata orang-orang kalo buat lontong di panci itu pasti jebol jika menggunakan plastik. Masa sih? saya buat nggak tu! Asal tau tehniknya bisa ^_^  sebab saya ga sabar jika musti masak sampai 3 jam wedeeww.... Dengan menggunakan panci press cooker cukup satu jam saja ;) Berhubung tidak punya daun jadi pakenya plastik dech. Untuk Ujung-ujung bisa pake plastik sealer, bisa juga di seteples. Insyaallah ga jebol. Kebetulan di rumah ada cetakan lontong.

Lontong Kedelai Bubuk 
Oleh : Diana Pratiwi

Bahan Lontong 
3 cup beras di rendam 2 jam
Cetakan Lontong
Daun Pisang secukupnya ( jika tidak ada daun pisang bisa dengan plastik tahan panas)

Bahan Kedelai Bubuk
200 gr kedelai cuci bersih, sangrai
2-3 bawang putih
1 cm kencur
 Merica secukupnya
Garam
Gula Pasir secukupnya

Bawang goreng untuk taburan


Metode :
1. Setelah beras di rendam gulung dan bungkus dengan daun pisang lalu masukan ke dalam cetakan lontong. Masukan ke dalam panci press cooker. Masak. Setelah panci terbunyi mendesis, kecilkan api lalu pasang timer selama 1 jam. Setelah 1 jam matikan api. Biarkan panci hilang uapnya baru di buka/ diamkan hingga dingin.
2. Untuk Bubuk Kedelai : Setelah kedelai di sangrai, pencet-pencet dengan ulekan agar kulitnya lepas. Buang kulitnya.
3. Bumbu di tumbuk bersama dengan kedelai. Baru kemudian di blender, saring. Siap sajikan sebagai taburan lontong, beri bawang goreng secukupnya.


No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover