21 April 2012

Khobus Regag / Arabic version of crepes


Anak-anak saya paling suka makan khobus regag ni... kalo pas lagi ke doha musti minta ke souq beli khobus regag ni. Anak-anak bilangnya minta cheese!! Maksudnya khobus regag dengan topping cheese.

Setelah pencarian resep selama beberapa minggu terakhir ini, dari bertanya ke teman-teman yang asli orang arab, bertanya ke qatarliving, iloveqatar, belum ada respond. Googling juga ga nemu. Bertanya ke si pembuat khobus regag di souq dijawab dengan bahasa arab dimana saya ga ngerti blas. Si Mama pun tidak bisa bahasa inggris. Akhirnya kemarin saya pergi ke souq yang kesekian kali, cari yang biasa saya beli kebetulan lagi ga jualan. Ketemu penjual orang Indonesia ternyata dia housemaidnya si empunya. 
Saya bertanya : "Majikannya mana mba?"
Si Mbak : "Sudah pulang bu, kecapek'an, jadi saya ganti!"  
waaah kebetulan ni saya lagi penasaran sama resep khobus regag.  Cocok banget ni "sikond"nya untuk bertanya-tanya ke si mbak.
 Saya : "Mbak, ini resepnya apa sih?" saya tanya aja langsung ke mbaknya.
 Si Mbak :"Gampang banget, cuman trigu, garam dan air!" jawab si mbak.
 Saya  : "Heh, cuman itu mbak?, kalo terigunya sekilo airnya seberapa?"
Si Mbak : "Yaa di kira-kira aja...!"

Hmmm sudah tau bentuk dari adonan ini kental, tidak seperti adonan crepes yang pernah saya jumpai di mall mall di jakarta, cair. Kalo  khobus regag ini kental dan very sticky. Hari ni langsung nyoba di rumah. Nyoba porsi sedikit dulu. Takut kebuang kalo ga enak. Ternyata resep yang saya coba ini cukup untuk 2 porsi saja. Dan ternyata rasanya... betullll sama kayak yang di jual di souq. Alhamdulillah... sukses hihihihihi..... Puas dech hati ni ^_*

Khobus Regag (untuk 2 porsi)

Bahan Khobus
100 gr terigu all purpose
3 gr garam
100 gr air

Bahan Topping sesuai selera
Telur
Cheddar cheese spread (dirumah cuman ada cream cheese spread)
Coklat Nutella

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, aduk rata.
2. Siapakan pan yang datar (seperti gambar) 


3. Letakan flat pan di atar kompor.. panaskan, tanpa di oles apa-apa. Biarkan sampai betul-betul panas. Jika di teteskan air akan berbunyi cesss. 
4. Ambil 1 centong sayur adonan khobus regag di tengah flat pan. Ratakan tipis dengan sendok kayu (seperti gambar) hingga berbentuk bulat. Diamkan sesaat, lalu beri topping (saya pilih cheese & coklat) 
5. Jika sudah matang kecoklatan segera ambil dengan spatula lalu lipat seperti melipat bentuk crepes. Sajikan hangat-hangat. Alhamdulillah langsung ludess :D

Serunya di tungguin sama customer yang sudah ga sabar makan :p





2 comments:

Asyura Rahman said...

Assalamualaikum wbt.. buk, mohon pencerahan ya. terigu tu apa ya?

Asyura Rahman said...

Assalamualaikum wbt, buk.. mohon pencerahan, terigu tu apa ya??

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover