14 January 2015

Red Velvet Cake



Sudah lama ngga berbagi resep hehe.. berikut saya share resep red velvet cake bersama tip-tipsnya. Resep asli saya menggunakan resep dari joy of baking. Setelah melihat beberapa video cara membuat red velvet ini. Akhirnya saya memilih dari resep joy of baking.


Resep ini sudah dalam bahasa Indonesia dan saya buat versi ala saya.

Red Velvet Cake
modified by Diana Pratiwi

Untuk 1 loyang berbentuk hati diameter 22 cm.
Cake yang saya buat butuh 3 loyang jadi tinggal dikalikan 3 saja ya. Berhubung saya punya loyang bentuk hati cuman 1 jadi saya buat 3x.

Bahan A
57 gram butter (suhu ruang)
150 gr gula pasir
1 telur
1/2 sdt vanili
sedikit garam

Bahan B (campur, ayak lalu sisihkan)
125 gr terigu all purpose
8 gr coklat bubuk

Bahan C (campur & aduk rata sisihkan)
120 butter milk/ fresh plain yogurht (suhu ruang)
1sdm jus beet root asli/ pewarna makanan warna merah

Bahan D
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt cuka (distilled vinegar)


Cara membuat : 
1. Butter di mixer hingga creamy kemudian masukan gula sedikit demi sedikit di selingi masukan telur lalu masukan sisa gula tadi sambil terus di mixer masukan vanili.
2. Pindahkan mixer dengan kecepatan rendah (low speed) masukan bahan B terigu & coklat bubuk yang sudah di ayak sedikit demi sedikit diselingi masukan juga fresh yogurht berkali-kali hingga bahan B dan bahan C habis setelah itu matikan mixer.
3. Dalam wadah kecil campurkan dulu baking soda dan cuka lalu langsung masukan kedalam adonan aduk cepat.
4. Tuang kedalam loyang yang sudah di olesi mentega. Panggang dengan suhu 175C 25-30 menit / hingga matang sempurna (gunakan test tusuk).
5. Setelah matang keluarkan dari oven, diamkan RVC ini dalam loyang sekitar 10 menit baru kemudian keluarkan dari loyang diamkan lagi dalam cooling rack. Setelah itu bungkus bolu ini ke dalam plastik warp hingga tertutup semua kedalam kulkas selama 2 jam dekor cake sesuai selera atau diamkan semalaman baru kemudian ke esokan harinya di dekor.

Tipnya : kenapa saya buat resep untuk 1 loyang. Pernah saya coba buat 1 resep  RVC ini untuk 2 loyang. Seperti biasa kalau saya buat cake dalam satu loyang yang berukuran agak tinggi bisa di gabung 1resep masuk semua dalam 1 loyang, setelah di oven dan cake dalam keadaan dingin saya belah menjadi 2 dengan pisau khusus untuk membelah cake jadi ukurannya sama rata. Ini dengan maksud mempercepat waktu pembuatan.
Lalu apa yang terjadi? saya buat satu resep yang untuk uk 2 loyang saya gabung dalam loyang yg agak tinggi, cake ini terus meluber tak henti-henti hingga 15 menit begitu terus dah seperti gunung mengeluarkan lavanya :D Saya ambil pelajaran setelah ini. RVC tidak bisa di gabung 2 layer cake dalam 1 loyang. 
Kalo mau buat langsung 3 layer sekaligus bisa saja sih. Buat langsung 3x resep diatas dengan syarat punya juga 3 loyang. Jika kondisinya cuman punya 1 loyang, berarti cocoklah buat resep yang di atas hehehe...
Tips lain jika tidak mau menggunakan pewarna makan (sebab RVC ini butuh agak lebih banyak warna) gunakan jus bit root. Gunakan juser untuk memeras bit ini agak keras memang tapi ini pewarna alami, warnanya juga pekat sekali.

Berikut linknya video tutorial dari Joy of baking : 


Bagaimana pemirsa dekornya? bagus mana sama buatan saya :D :D :D 

No comments:

comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pin It button on image hover